Wejangan Anand Krishna: Ia Yang Menyadari Hakikat Dirinya Tidak Lahir Kembali

“Guna melindungi para bijak; membinasakan mereka yang berbuat batil; dan, meneguhkan kembali dharma, kebajikan – Aku datang menjelma dari masa ke masa.” Bhagavad Gita 4:8

https://bhagavadgita.or.id/

 

Dari masa ke masa. Setiap Yuga setiap masa, Ia akan datang kembali. Ia akan mewujud lewat diri kita, masing-masing. Oleh karena itu, ketika berbuat sesuatu, berbuat kebaikan, sekecil apa pun……

Kakek saya sebelum meninggal dia menulis dalam catatannya, dia sedang bekerja di kota lain. Dan keluarganya, nenek saya, dan bapak saya, adik yang baru lahir, dia juga baru lahir, bedanya sedikit sekali. Kakaknya yang baru berusia 3 tahun, nenek saya menjadi janda itu dalam usia 20 an tahun.

Kakek saya berusia 30 tahun ketika meninggal. Dia berada ditempat lain dan dia jatuh sakit kena pes. Dulu pes itu mematikan. Pes itu wabah dari tikus, pes dulu mematikan. Belum ada obat0obatan yang canggih. Dan dia kebetulan menderita gangguan napas. Jadi dia sudah tahu, berada di kota lain dia tidak mungkin lagi mengharapkan keluarga bisa datang, dan dia tidak bisa pulang.

Ke kotanya. Jarak ratusan km, 200 sekian, tapi waktu itu cukup jauh 200 km. Maka dia mencatat dalam diary-nya. Ini yang saya tinggalkan uang ini, property ini untuk siapa, untuk siapa dan dia tidak perlu memberikan properti ini pada siapa-siapa. Ada adiknya, yang sebetulnya dia sudah pisah, sudah punya pekerjaan sendiri tetap dia menulis, untuk adik saya ini untuk keluarga saya ini.

Dan setelah menulis semuanya itu, dia bilang sebetulnya aku bukan ap-apa. Sri Krishna Arpanam. Aku mempersembahkan ini kepada Sri Krishna. Aku cuma menjadi alat, kebetulan sekarang ada harta semua ini, dan sebagai alat aku menyampaikan bahwa ini dibagikan. Dan dia menulis dua tiga kali catan pendek itu. Aku persembahkan semuanya kepada Sri Krishna.

Begitu juga ketika berbuat baik, Sri Krishna Arpanam. Kita selalu sebelum makan, Brahma pannam, mempersembahkan semua ini kepada Brahman. Kepada siapa pun. Asal kita selalu ingat Idan Na Mama, ini bukan aku, ini bukan aku. Aku cuma alat, aku mempersembahkan.

 

“Guna melindungi para bijak; membinasakan mereka yang berbuat batil; dan, meneguhkan kembali dharma, kebajikan – Aku datang menjelma dari masa ke masa.” Bhagavad Gita 4:8

https://bhagavadgita.or.id/

 

Setiap kali berbuat baik mengatakan Idan Na Mama, bukan aku, Om Sri Krishna Arpanam, Brahma pannam, maka ketahuilah pada saat ini Krishna kerja lewat kita. Dia sudah bekerja. Dia sudah mewujud lewat kita.

Api ini kita kembangkan terus. Diberi angin terus, angin ini apa, udara. Bukan cuma berbuat baik untuk satu keluarga, untuk tetangga, berbuat baik untuk masyarakat. Lihat kondisi masyarakat.

Kondisi di India lain. Di sana kebutuhannya lain. Di sini kebutuhannya lain. Di tempat lain kebutuhannya lain. Guru saya selalu menganjurkan, seva setiap minggu setidaknya 4 jam. Gunakan 5 jam untuk seva. Untuk bhakti soaial. Untuk berbuat baik tanpa pamrih.

Kemudian banyak orang kita masih baru. Apa pun yang beliau lakukan di sini, di sana kita meniru. Kasih makan kepada fakir miskin. Kasih apa, ya di sini juga masih banyak orang yang butuh makanan. Tapi kemudian beliau menegur kita, di negerimu kebutuhannya apa?

Di Bali, mau cari fakir miskin, sulit didapatkan, di Ubud atau apa, fakir miskin justru imported. Kita banyak menemukan fakir miskin, yang diimport dari luar, orang Bali sendiri, saya tidak bertemu  jadi pengemis di jalan. Pengemis pun kita import. Ini bukan cuma buah-buahan.

Danjangan pikir orang bule itu semua nya juga hebat. Kemarin-kemarin ada orang bule, datang ke sini. Selalu memaksa untuk betemu dengan saya. Ternyata dia ambil motor dan dari rental, dan dia ambil motor itu, dibawa ke Jakarta, Jogja mencari saya di Jogja, cari saya di Jakarta. Kita nggak tahu bahwa dia mengambil motor, dari Denpasar. Setelah itu baru tahu. Untung saya nggak ketemu, kalau saya ketemu sama dia, bisa dikira saya juga terlibat. Saya nggak tahu motornya sudah dikembalikan belum. Jadi orang bule juga demikian. Jangan pikir semua orang bule baik-baik saja.

Aku menjelma dari waktu ke waktu untuk berbuat baik. Untuk melayani. Dan pelayanan itu, berbeda-beda. Pelayanan yang kita butuhkan, di Bali, apa kira kira. Pikirkan, kita sudah membahas, berulang kali. Pelayanan yang dibutuhkan di Bali, kita memberikan pelayanan itu. Di tempat lain baragkali lain.

 

“Arjuna, kelahiran serta segala kegiatan-Ku adalah bersifat ilahi, mulia. Ia yang menyadari hakikat ini tidak lahir kembali setelah meninggalkan jasadnya. Ia datang kepada-Ku, menyatu dengan-Ku.” Bhagavad Gita 4:9

https://bhagavadgita.or.id/

 

Kalau kita sadar bahwa apa pun yang kita berbuat, bukan karena aku, tapi karena Dia yang bersemayam di dalam di dalam diriku, dan Dia yang menggerakkan tanganku untuk berbuat, maka kita bebas dari segala macam keterikatan. Kita beas dari segala macam konsekuaensi. Bebas dari karma.

Begitu kita mati, Jiwa yang ada ini menyatu dengan Sang Paramatma. Atma menyatu kembali dengan Paramatma. Tidak ada lagi keterikatan. Dan itulah yang menjadi tujuan hidup. Tetapi untuk mencapai tujuan hidup itu tidak cukup bermeditasi 18 jam sehari. Atau melakukan pemujaan, walaupun semahal apa pun. Seberapa pun biaya yang kita keluarkan tidak akan membantu. Yang membantu adalah itu tadi. Menegakkan dharma. Melindungi mereka, yang sedang dizalimi, sedang ditindas dengan berbagai cara.

Penindasan zaman sekarang adalah membuat orang miskin. Supaya dia mengeluarkan biaya yang tinggi sekali untuk berbagai keperluam. Biarkan mereka menjadi miskin. Itu penindasan, bebaskan orang dari penindasan, layani mereka, itulah dharma itulah yang kemudian bisa membebaskan kita dari segala macam keterikatan. Terima kasih.

 

Sumber: Video Youtube Bersama Anand Krishna Bhagavad Gita Sehari-Hari Ayat 04:1-10 Dharma dan Reinkarnasi

https://www.youtube.com/watch?v=oqd6j5aQ3_0

https://www.akcjoglosemar.org/wp/

https://www.anandkrishna.org/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s