Wejangan Anand Krishna: Keinginan Tak Bisa Dihilangkan, Lakukan Pengendalian Diri!

“Malam bagi makhluk-makhluk yang belum menyadari jati-dirinya, adalah saat di mana para bijak yang sadar akan jati-dirinya berada dalam keadaan jaga. Dan, siang bagi makhluk-makhluk yang menyadari diri, adalah malam bagi para bijak.” BG 2:69

https://bhagavadgita.or.id/

 

Ada orang yang mengartikan letterlijk, “Oh saya orang bijak saya tidak boleh tidur malam.”

Saya kenal orang yang demikian. Selama bertahun-tahun dia tidak kerja. Setelah kawin pun dia menjadi tanggungan dari mertuanya. Ditanya mengapa kok tidur sampai jam satu siang, mau kerja apa? Untung mertua punya toko, ya tinggal ke toko sebentar 2 jam, pulang makan tidur lagi. Kok bisa begitu? Karena saya orang bijak. Saya suka baca Bhagavad Gita. Jadi biar orang-orang yang bodoh goblog yang kerja. Bukan itu.

Segala sesuatu yang baik kelihatannya bagi orang yang tidak bijak, seorang bijak melihat baik atau nggak. Saya belakangan ini menerima kasus beberapa teman kita yang kena kanker. Dari tahun 70-an Guru saya mengatakan, bahwa penyebab utama kanker itu adalah gula pasir. Dan waktu itu termasuk saya sendiri, karena tidak ada penelitian. Kan selalu scientific, penelitiannya mana? Sekarang di Barat mereka mengakui bahwa sel-sel kanker itu makanannya adalah daging, protein dari binatanag, protein hewani dan gula. Salah satu terapi bagi kanker di Barat, diberikan obat untuk menurunkan kadar gula. Tidak boleh normal, harus lebih di bawah kadar normal.

Kalau masih normal masih tetap akan tumbuh sel kanker. Tapi kalau di bawah normal, maka badan akan menarik gula itu untuk bekerja. Nggak ada gula lagi untuk asupan, yang bisa memberikan hidup pada sel-sel kanker ini. Begitu juga daging, dan daging bukan cuma kambing atau sapi kerbau, ayam, ikan semuanya. Protein hewani. Dan begitu kena kanker kita dideteksi pertama-tama kita disuruh jangan makan daging, hindari gula. Cukup gula yang diperoleh dari sayur-sayuran dan dari buah-buahan.

Kemarin saya pergi ke seorang teman, sampai sekarang di Rumah Sakit pun disediakan daging dan disediakan kue-kue. Dan kemudian pasien ini mengerti sedikit tentang ini dan tanya kepada dokternya. Dengan sangat enteng dokternya kamu butuh gizi, kalau nggak darimana gizimu. Jadi si dokter ini nggak tahu bahwa sayur itu juga ada gizinya. Semua binatang yang kita makan itu adalah vegetarian. Sapi adalah vegetarian. Dia tidak makan kucing. Dia tidak makan ikan. Kambing domba adalah vegetarian.

Semua daging yang kita makan itu. Binatangnya adalah vegetarian. Terus mereka bisa mendapatkan proteinnya, itu yang kita makan. Makan second hand protein. Protein bekas seperti Anda beli baju bekas. Kita sekarang ini makan protein bekas. Kalau binatang sistemnya begitu canggih. Dia makan rumput saja bisa menjadi protein. Simple thing. Dan kalau daging itu bagus untuk Anda, orang bikin lawar, darah, untuk memasak, darah babi darah kerbau macam-macam. Coba kalau Anda lagi kurang darah, diberikan darah binatang, kalau darah binatang itu bagus untu Anda, nggak usah donor darah PMI. Kumpulkan darah binatang banyak disembelih. Tinggal memberikan darah binatang kepada semua manusia. This is sangat simple lho, akal sehat yang dibutuhkan. Science.

Binatang yang kita makan adalah vegetarian, kecuali kalau Anda makan daging anjing, saya nggak tahu. Atau makan daging harimau. Kucing. Saya kita nggak ada makan-makan daging seperti itu kan? Kebanyakan daging yang kita makan adalah daging vegetarian. Binatangnya vegetarian.

Tapi saya senang ekali, saya ke suatu tempat di Semarang. Di restauran vegetarian, dua kali saya ke sana. Terakhir dan kemarin saya ke sana lagi. Restauran itu djalankan oleh seorang Buddhist. Tapi dua kali saya ke sana, tamu-tamunya nggak ada orang Buddhist sepertinya. Orang-orang lain ya dari bentuknya dari pakaiannya. Kita bisa melihat bahwa mereka bukan Buddhist. Berarti kesadaran untuk makan vegetarian, sudah menyebar di sini. Puji Tuhan. Sudah menyebar, kita sudah mulai sadar apa yang kita makan, apa yang kita hindari. Sayang sekali ada dokter-dokter yang belum sadar. Jadi, pekerjaan berat untuk menyadarkan mereka.

Jadi apa yang baik bagi kita, orang lain anggap tidak baik, apa yang tidak baik dan kita tahu tidak baik, orang lain anggap baik. Jangan, jangan terpengaruh. Jangan terpengaruh, teguh disini dikatakan. Kamu harus tidak tergoyahkan.

 

“Sebagaimana laut tidak terpengaruh oleh air sungai dan hujan yang memasukinya – ia tetap tenang; pun demikian dengan seorang bijak, ia tidak terganggu oleh keinginan-keinginan yang muncul di dalam dirinya. Maka, ia mencapai kedamaian, ketenangan sejati. Namun, tidaklah demikian dengan seorang yang terpengaruh oleh keinginan-keinginannya.” Bhagavad Gita 2:70

https://bhagavadgita.or.id/

 

Laut ada hujan, air hujan, air sungai masuk semuanya ke dalam laut itu, laut yang paling sering bergejolak disebut Pacific Ocean. Teduh. Laut yang tenang, begitu banyak sungai aliran masuk tapi tetap tenang.

Krishna menjelaskan sesuatu yang betul-betul luar biasa. 5.000 thun yang lalu Krishna mengatakan keinginan tidak bisa dihilangkan, yang bisa dibuat itu adalah kau tidak terpengaruh. Karena keinginan 5.000 tahun yang lalu, Dia ingin mewartakan sesuatu, yang di zaman itu juga pernah ada. Kita yakini ada. Karena sudah ada bom atom. Sudah terjadi perang nuklir diakui oleh Oppenheimer, yang kita sebut sebagai Bapak Bom Atom yang menciptakan bom atom pertama. Dia memuja Bhagavad Gita ketika sedang men-test, menguji atomnya itu.

Di sini kita bisa melihat, Krishna bisa melihat, persoalannya apa. Keinginan tidak bisa dihilangkan karena benda-benda di luar, bertambah terus. Hari ini Anda punya telepon genggam, besok ada lagi gadget lain. Yang bekerjanya mirip, Ipad, Tablet, muncul keinginan wah kalau saya pergi-pergi bawa ini.

Awal mulanya dari mana? Dari laptop kan. Dulu nggak punya laptop adanya PC yang desktop itu, kita juga oke-oke. Begitu ada laptop, kita nggak oke, harus ada laptop. Sudah ada laptop harus ada telepon genggam, setelah telepon genggam ada lagi, Ipad dan apa lagi. Jadi benda-benda di luar bertambah terus. Kalau suami Anda, istri Anda suka mengoleksi gadget-gadget ini, bayangkan dia melihat cewek baru, akan timbul juga hasrat. Semuanya pekerjaannya sama kok. Dari laptop sampai telepon genggam, desktop, table, Ipad, Youpad, Wepad semuanya sama. Jadi kalau ada cowok-cowok Anda, suami-suami Anda. Biasanya kalau cewek lebih bijak, yang kurang ajar ini cowok-cowok. Kalau dia punya sekian banyak gadget, dia pasti juga punya koleksi cewek-cewek.

Pikirkan, dan semakin suami Anda membaca law of attraction, buku-buku seperti itu, dan 3 kali sehari secara religius telepon “Mom I love You”. Ada udang di balik batu. Ngak natural, nggak normal, “Mama I love You” itu nggak normal. Kalau love you ya diungkapkan lewat tindakan bukan lewat kata-kata melulu.

Hola mengatakan kepada pacarnya. “Seandainya aku menjadi gurita, betapa bahagianya aku.”

Kenapa kok jadi gurita, kan sudah jadi manusia. “Gurita punya seribu tangan, aku dapat memeluk kamu dengan seribu tangan”.

Kau goblok sekali kau sudah punya dua tangan peluklah saya. Jadi inilah kondisi cowok-cowok  jangan terbawa oleh mereka.

 

Sumber: Video Youtube Besama Anand Krishna Bhagavad Gita Sehari Hari Percakapan 02 ayat 69972 Berkaryalah dengan Penuh Semangat dan Tanpa Pamrih

https://www.youtube.com/watch?v=atVjhTcfZnk

https://www.akcjoglosemar.org/wp/

https://www.anandkrishna.org/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s