Afirmasi Bersama Makan Sayur dan Buah Lebih Banyak

EDUKASI NUTRISI LEWAT DRAMA INTERAKTIF AFIRMASI BERSAMA “SAYA MAKAN SAYUR DAN BUAH LEBIH BANYAK”

Oleh Tim OEIEF

Taman Pintar sebagai tempat wisata edukatif dari waktu ke waktu diisi dengan kegiatan edukasi yang inovatif dan positif. Misalnya Wahana PAUD Timur dan Barat baru saja selesai diperbaharui oleh Sarihusada untuk menyesuiakan dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Oleh karena itu tak heran Taman Pintar dikunjungi oleh lebih dari satu juta wisatawan setiap tahunnya, ujarRahman (AgusBudiRahmanto), pengelola dari Taman Pintar.

Endah Prasetioningtias, Community & Public Relations Manager, PT Sarihusada Generasi Mahardhika mengungkapkan, Sarihusada berkerja sama dengan One Earth Integral Education Foundationdan Anand Ashram Foundation (berafiliasi dengan PBB)memberikan edukasi nutrisi Sarihusada-OneEarth, pada orangtua dan anak, setiap hari Minggu jam 10.00 di PAUD Taman Pintar. Program edukasi yang dilakukan sejak tahun 2011, selain memberikan edukasi nutrisi seimbang dan holistik, mengintegrasikan dengan nilai-nilai budaya Nusantara seperti pengendalian diri, mengembangkan kasih sayang & meningkatkan kemampuan memilah serta latihan pemberdayaan diri guna membentuk anak berkelas dunia.

Sebagai bagian dari keberlanjutan program edukasi Sarihusada One Earth dan mengkampayekan makan buah dan sayur lebih banyak,secara gencar, sebanyak 200 anak PAUD, orangtuanya serta guru PAUDnya baik yang pernah maupun yang belum pernah mengikuti program edukasi Nutrisi Sarihusada OneEarth diundang untuk ikut acara Afirmasi Bersama “Saya Makan Buah dan Sayur Lebih Banyak” di Taman Pintar. Acara yang dilakukan pada tanggal26 Februari 2017 Jam 09.30 11.00 di Ruang Pitagoras, Gedung Oval ini dimotori oleh One EarthIntegral Education Foundation dan Anand Ashram Foundation (berafiliasi dengan PBB) yang didukung oleh Sarihusada, Taman Pintar serta Dinas Kesehatan Kota Yogjakarta.

Pada acara Drama “Kolosal” 300-an peserta yang terdiri Anak PAUD, Orang Tua, Guru PAUD dan fasilitator edukasi nutrisi Sarihusada One Earth terlibat dalam gerak dan lagu, mewarnai dan menempel kertas bergambar buah dan sayur,yang diakhiri dengan melakukan afirmasi bersama “saya makan sayur dan buah lebih banyak”. Sebagai puncak acara semua peserta makan buah dan sayur bersama yang disediakan.

Drama ini adalah upaya bersama, secara menyenangkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam bahwa kita semua perlu makan buah dan sayur lebih banyak, ungkap Dr Suriastini selaku Direktur One Earth Integral Education Foundation. Mengingat Hasil Survey Diet Total (SDT) terakhir yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan,Kementerian Kesehatan RI menunjukkan konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia per hari masih sangat rendah. Rerata asupan buah masyarakat Indonesia hanya 33,5 gram per hari dan sayuran hanya 57,1 gram per hari(Kementrian Kesehatan,2016). Jika dibandingkan dengan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia, hanya seperempat dari ketentuan minimum WHO. Konsumsi Buah dan sayur Indonesia termasuk yangpaling rendah di antara Negara Tetangga Asean.

Lebih jauh, Dr. Suriastini menuturkan, acara dimaksudkan juga untuk memunculkan niat yang kuat dari anak dan orangtua untuk mengubah perilaku, yaitu makan buah dan sayur lebih banyak bagi kesehatan, kemajuan dan perkembangan anak yang holistik di masa depan.Terkait ini, Afirmasi Bersama memegang peranan penting, ungkapSuriastini. Afirmasi adalah sesuatu yang kita yakini akan terjadi, merupakan salah satu cara memberdayakan pikiran untuk mengubah perilaku. Mengucapkan Afirmasi “Saya Makan Buah dan Sayur Lebih Banyak” secara rutin, membantu mewudujkan prilaku makan buah dan sayur lebih banyak dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, dr. Riska Novriana dari Dinas Kesehatan Kota Yogjakarta mengapresiasi kegiatan Afirmasi Bersama ini. Menginagat buah dan sayuran merupakan komponen penting dalam menu makanan sehat, sebagai sumber vitamin, mineral, serat dan antioxidant bagi tubuh.

Penurunan konsumsi buah dan sayur berkorelasi dengan keadaan kesehatan yang buruk dan peningkatan resiko terkena penyakit tidak menular tertentu seperti penyakit jantung dan kanker.

Hasil Riset kesehatan dasar yang terakhir menunjukkan,masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi sayuran dan buah setiap hari hanya 10,7%.

Contact: Suriastini (0811266309), Mira (081805844014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s