Mengelola Kemarahan lewat Latihan Meditasi di Anand Ashram #Meditasi #Yoga

buku-meditasi-gadis-marah

Saat seseorang marah, ia mengaktifkan beberapa kelenjar dalam tubuhnya. Hal ini menyebabkan terjadinya kelimpahan adrenalin dan beberapa hormon stres yang lain, dengan efek-efek yang nyata pada fisik Anda. Wajah menjadi merah, tekanan darah semakin tinggi, nada suara kita menjadi tinggi, pernafasan kita menjadi cepat, detak jantung tidak teratur dan otot-otot kaki maupun tangan mulai tegang. Seluruh tubuh kita merasakan perubahan semacam ini. Apabila seseorang sering marah, keadaan itu akan berulang terus dan pada akhirnya dapat menimbulkan masalah-masalah kesehatan yang serius. Situasi seperti ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung, maag, dan lain sebagainya. Karena itu, demi kebaikan Anda sendiri, hendaknya Anda mengendalikan emosi kemarahan ini.  Dikutip dari buku (Krishna, Anand. (2002). Bersama J.P Vaswani, Hidup Damai & Ceria. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

 

Kadang kita tidak menyukai suasana tertentu seperti yang kita harapkan, misalnya seseorang menyakiti kita baik sengaja maupun tanpa menyadari kata-katanya menyakiti kita. Kadang-kadang kita sedang tertekan oleh banyak masalah, ada seseorang yang perkataannya menyulut api kemarahan kita.

Marah sesungguhnya adalah ungkapan perasaan tidak senang yang tidak terkontrol oleh kita. Biasanya kemarahan terungkap tanpa dipikirkan kita terlebih dahulu. Tembak langsung. Yang lebih parah adalah karakter kita yang mudah tersinggung atau dikenal dengan istilah sumbu pendek.

 

Latihan Memperbaiki Pola Napas dan Emotion Culturing

Dengan napas panjang yang terlatih, pola napas kita akan tenang dan kita tidak menjadi “emosian”. Seseorang yang mudah marah akan nampak dari pernapasannya yang cepat, pendek dan sering kacau.

10 menit setiap pagi latihan napas seperti yang dilatih di Anand Ashram ternyata mengubah karakter kita menjadi tidak emosian.

Rajin latihan Emotion Culturing dari program Anand Ashram membuat kita sadar, tidak ada gunanya kita marah yang tak terkendali yang membuat kita menyesal kemudian. Kadang-kadang kita memang perlu marah tetapi dengan penuh kesadaran. Kita bisa belajar dari marahnya pembimbing rohani yang bijak kepada kita demi kebaikan diri kita agar tidak mengulangi kesalahan.

cover-buku-damai-ceria

Latihan Voice Culturing

Ada tiga cara untuk menangani kemarahan. Yang pertama adalah dengan cara mengekspresikannya. Para ahli ilmu berpendapat bahwa ini adalah cara yang terbaik. Dengan menyatakan atau mengekspresikan kemarahan, kita membagi beban pikiran kita dengan orang lain dan karena beban atau sebagian beban itu terangkat dari kita, kita lalu merasakan ketenteraman. Pendapat itu memang benar, namun keadaan semacam ini tidak langgeng. Kita tidak pernah bebas dari kegelisahan. Pada akhirnya, kemarahan menjadi kebiasaan dan Anda menjadi budak amarah. Anda menjadi budaknya dan amarah adalah atasan yang kejam. Saya pernah mendengar tentang seorang ibu yang membakar anaknya hanya karena marah. Cara kedua adalah dengan menahan atau menekan kemarahan. Ini pun tidak bagus, karena menekan kemarahan hanya memaksanya untuk menjadi bagian dari alam bawah sadar kita, dan dapat membahayakan kita. Cara ketiga (menangani kemarahan) dan cara yang benar adalah dengan memaaf kan. Maafkan dan bebaskan diri Anda dari kegelisahan! Setiap malam sebelum tidur, renungkan kembali sejenak kejadian-kejadian sepanjang hari yang telah Anda lalui. Apakah ada seseorang yang menipu Anda? Apakah ada yang menyinggung perasaan atau menghina Anda? Kalau ada, ucapkan namanya dan katakan, “Sdr. X, saya maafkan Anda.” Dikutip dari buku (Krishna, Anand. (2002). Bersama J.P Vaswani, Hidup Damai & Ceria. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

Latihan Katarsis dalam Voice Culturing Program Anand Ashram sangat membantu dalam memuntahkan kemarahan dalam bentuk yang tidak merusak pergaulan sosial. Setelah kemarahan di dalam diri dipicu dan dikeluarkan pada waktu latihan, maka diri kita merasa lega. Dan masalah emosi sudah terselesaikan dengan sendirinya, sehingga kita dapat menyelesaikan permasalahan dengan bijak.

 

Program Latihan di Anand Krishna Joglosemar di Jogja

16507904_607845372736503_4157403851028120712_n

Advertisements

2 thoughts on “Mengelola Kemarahan lewat Latihan Meditasi di Anand Ashram #Meditasi #Yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s