Pusat Kendali Komputer Manusia dan Mengatasi Komputer Diri yang Kena Hack

buku bhagavad pusat psikis dan jantung

Menurut Penjelasan Bhagavad Gita

Ilustrasi Pusat Psikis dan Pusat Fisik Manusia

Dalam sejarah modern, adalah Adolf Hitler (1889-1945) yang pertama kali menggunakan mind manipulation atau manipulasi pikiran sebagai senjata. Ibarat komputer, mind atau gugusan pikiran manusia dapat dimanipulasi, dapat di hack, bahkan dapat disusupi virus untuk merusak seluruh jaringannya………

Saat ini Mind Manipulation digunakan untuk mengembalikan Anda ke rel yang lama. Jika anda berpikiran besar, maka pikiran itu mesti dikebiri, dibonsai, supaya selaras dengan rel yang ada. Apa hak anda untuk berpikir besar, sehingga tidak selaras dengan mayoritas? Apa otoritas Anda untuk menyatakan bahwa rel lama itu sudah usang dan tidak berguna? Berani-beraninya  Anda menyatakan rel lama itu jelek, tidak baik……..…

Orang-Orang Besar menjadi besar, karena mereka berhasil membebaskan diri dari pengaruh hypnosis massal yang membenarkan kebiasaan-kebiasaan umum. Karena itu, mereka bisa mentransformasi diri dan metransformasi setiap orang yang berada di sekitar mereka. Inilah kisah Krishna, Buddha, Lao Tze, Muhammad, dan Isa. Mereka bukan orang-orang yang konformis. Ketika ditawari kerajaan dunia, harta kekayaan, dan kedudukan, mereka menolak demi kebenaran yang mereka percayai. (Krishna, Anand. (2012). Neo Spiritual HYPNOTHERAPY, Seni Pemusatan Diri Untuk Bebas Dari Pengaruh Hipnosis Massal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

Sebenarnya di dalam diri kita selalu ada Pemandu Agung yang selalu memandu kita menghadapi dunia luar yang berupaya meng-hack komputer pikiran kita…..

Sang Pemandu Agung sebagaimana dijelaskan oleh Patanjali adalah Mahahidup, Tak Pernah Tidur, Mahadinamis, Hyang senantiasa sedang membisiki kita, sedang berbicara dengan kita dari “kedalaman” diri kita—the deepest recesses of our being—dari sanubari kita sendiri. Ia tidak hanya memuji, tetapi juga bisa mengoreksi kita. Ia senantiasa memandu kita. Demikianlah ada-Nya Isvara. Sebagai Pemandu Agung, dalam keadaan seperti apa pun, Ia tetaplah memandu kita dan mengarahkan setiap langkah kita. Demikian Sang Pemandu Agung menurut penjelasan Yoga Sutra Patanjali I.24.

Berikut penjelasan Bhagavad Gita mengenai tempat bersemayam Sang Pemandu Agung dalam diri kita dan bagaimana cara membebaskan diri dari virus yang telah meng-hack komputer diri kita.

buku bhagavad gita

Cover Buku Bhagavad Gita

Oṁ Saha nāvavatu; saha nau bhunaktu; Saha vīryam karavāvahai; Tejasvi nāvadhītamastu; Mā vidviṣāvahai; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

(Semoga Hyang Tunggal senantiasa melindungi kita; menjernihkan pikiran kita: semoga kita dapat berkarya bersama dengan penuh semangat; semoga apa yang kita pelajari mencerahkan dan tidak menyebabkan permusuhan; Damailah hatiku, damailah hatimu, damailah kita semua.)

 

“Ketahuilah Arjuna, bahwa Isvara — Penguasa Alam Semesta — bersemayam di (wilayah sekitar) hati setiap makhluk. Dengan kekuatan Maya-Nya (yang ilusif namun sakti), Ia-lah yang menggerakkan setiap makhluk secara mekanis.” Bhagavad Gita 18:61

Adalah sangat menarik bahwa Krsna menggunakan istilah yantra atau mesin. Ia ingin menjelaskan bahwa proses ini tidaklah lebih atau tidaklah kurang dari proses mekanis. Krsna sedang berbicara tentang….

 

TEKNOLOGI KEHIDUPAN MANUSIA – Pertama: Hrddese atau “Wilayah Sekitar Hati” sebagai pusat kendali, di mana Isvara — Sang Pengendali Agung — bersemayam.

Kedua: Maya atau Kekuatan Ilusif.

Inilah kekuatan energi materi atau kebendaan, yang membuat seluruh sistem kita berfungsi. Kekuatan ini pun berasal dari Sang Pengendali Agung.

 

MARI KITA MENYELAMI LEBIH DALAM LAGI – Hrddaya atau “Wilayah Sekitar Hati” yang dimaksud adalah Pusat Psikis – sebagaimana telah kita bahas sebelumnya – berlokasi persis di tengah dada antara kedua puting kita.

Jantung manusia, tidak sepenuhnya berada di bagian kiri dada, sebagaimana dipahami secara umum. Letak tepatnya adalah antara dada bagian kiri dan tengah. Jadi bagian kiri jantung kita bertemu dengan hrddaya atau jantung psikis yang dimaksud dalam ayat ini – saling tumpang tindih, overlapping. Inilah meeting point, di mana badan fisik dan psikis bertemu.

Kemudian, badan kita memang persis seperti mesin. Ia berfungsi secara mekanis pula. Sejak di dalam kandungan hingga ajal — badan ini bergerak sendiri secara mekanis. Sungguh luar biasa!

Krsna mengatakan bahwa pusat pengendali mesin-badan ini adalah di hrddaya — di mana Ia bersemayam:

 

SANG PENGENDALI AGUNG ATAU ISVARA dalam konteks ini adalah Kekuatan Ilahi yang ada dalam diri setiap makhluk — sarvabhutanam — dari amoeba bersel tunggal hingga manusia yang terdiri dari triliunan sel. Bahkan, bhuta juga termasuk elemen-elemen dasar alami — yakni air, api, tanah, angin, dan eter sebagai substansi ruang. Isvara berada di mana-mana.

Isvara adalah “Penggerak Agung” yang menggerakkan “setiap mesin” sesuai dengan fungsi mesin tersebut.

Setiap “mesin-badan” adalah spesial.

Walau sama-sama terbuat dari materi, mesin badan Anda memiliki fitur-fitur khusus yang tidak terdapat dalam mesin-badan saya. Demikian pula, fitur-fitur khusus dalam badan saya tidak ada dalam badan Anda. Inilah kode DNA kita, genetika kita masing-masing yang unik.

Jika dikaitkan dengan komputer….

Program dasarnya sama, barangkali operating system kita pun sama karena merupakan merek yang sama. Tapi, ada aplikasi-aplikasi khusus yang telah Anda download atau peroleh saat membeli komputer itu yang tidak saya miliki.

Demikian pula dengan aplikasi-aplikasi khusus yang saya miliki, barangkali tidak ada dalam komputer Anda, karena Anda memang tidak membutuhkan aplikasi—aplikasi itu.

 

JIWA MEMILIH BADAN dengan segala fitur dan aplikasi khusus untuk mengalami sesuatu yang khusus. Jika, ego komputer itu menolak untuk menjalani aplikasi-aplikasi tersebut, maka kemungkinannya hanya satu — ada yang telah meng-hack komputer kita, sehingga “mesin” itu tidak berjalan sesuai dengan fungsinya.

“Mesin” yang telah di-hack itu menjadi tidak berguna untuk kita, untuk Jiwa. Jika kita memahami cara untuk membersihkan komputer kita dari segala macam virus dan membebaskannya dari kemungkinan hacking di masa depan — maka silakan perbaiki!

Jika kita tidak tahu caranya, maka bawalah komputer itu kepada seorang teknisi yang mahir, supaya komputer kita dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Jiwa.

Ketika komputer sedang dibersihkan dari virus-virus asing yang bersarang di dalamnya – maka terjadilah proses “healing” atau penyembuhan.

Apa yang dilakukan Krsna terhadap Arjuna adalah proses healing. Krsna sedang membersihkan bagian komputer — “gugusan pikiran serta perasaan” Arjuna yang sedang mengalami pengaruh virus dan hacking terparah. Ada virus rasa takut, virus kekhawatiran, virus kegelisahan, dan sebagainya dan seterusnya.

 

GITA ADALAH ANTIDOT terhadap virus-virus yang dapat menggangu sistem kita. Gita adalah program anti-virus dan anti-hacking. Gunakanlah Gita untuk kebutuhan itu.

Krsna mengingatkan Arjuna bahwa segenap aplikasi yang sudah diinstal di dalam komputernya — sesuai dengan pesanan Jiwa — adalah untuk melakoni hidup sebagai kesatria, bukan sebagai petapa. Sehingga, jika ia ingin mengkomputasi petapa — maka komputernya akan crash! Inilah kebinasaan dan berantakan yang dimaksud Krsna dalam ayat-ayat sebelumnya.

Di luar konteks sedikit, penggunaan istilah yantra atau mesin yang kemudian berimplikasi “berjalan secara otomatis” sesuai dengan fungsinya — menunjukkan bila di zaman itu, yakni 3.000an tahun sebelum masehi, dunia sudah memiliki teknologi, sudah terjadi perkembangan yang signifikan, sehingga badan manusia pun diibaratkan sebagai mesin.

Dikutip dari buku: (Krishna, Anand. (2014). Bhagavad Gita. Jakarta: Pusat Studi Veda dan Dharma)

Om, Sarve bhavantu sukhinaḥ; Sarve santu nirāmayāḥ; Sarve bhadrāṇi paśyantu; Mā kashchit duḥkha bhāgbhavet; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

(Semoga semua makmur, bahagia dan bebas dari penyakit. Semoga semua mengalami peningkatan kesadaran, dan bebas dari penderitaan. Damailah hatiku, damailah hatimu, damailah kita semua.)

 

Link: http://www.booksindonesia.com

Link: http://www.oneearthcollege.com/

 

Banner utk di web

oec2elearning-banner

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s