Merasa Berdosa Tak Terampunkan Korban Salah Persepsi? Renungan #Karma: Salah Identifikasi

Yang Penyok Kendaraan-Badan bukan Jiwa-Sang Pengemudi.

buku bhagavad yg penyok mobilku bukan aku

Ilustrasi yang penyok mobilku bukan diriku

Goresan pada kendaraan kita adalah goresan, bukan sayatan pada diri kita. Lumpur yang mengotori kendaraan kita hanyalah mengotori kendaraan, dan dapat dibersihkan. Lumpur itu tidak bisa mengotori Jiwa! Pengemudi kendaraan badan adalah Jiwa Individu (Jivatma)—saya dan Anda. Mobil tergores, terkena lumpur, namun diri kita tidak tergores atau terkena lumpur.

Dalam Bhagavad Gita 18:14 disebutkan bahwa 5 faktor penyebab karma (perbuatan) adalah:

  1. Badan. Tempat terjadinya perbuatan.
  2. Mind (gugusan pikiran dan perasaan). Pelaku atau Agen Pelaku.
  3. Panca indra (mata, telinga, hidung, mulut, kulit). Alat.
  4. Panca indra persepsi (penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, perabaan). Fungsi Alat.
  5. Takdir, atau Hasil Akumulasi Karma. Daiva, kekuatan alam.

buku bhagavad gita

Cover Buku Bhagavad Gita

Oṁ Saha nāvavatu; saha nau bhunaktu; Saha vīryam karavāvahai; Tejasvi nāvadhītamastu; Mā vidviṣāvahai; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

Let us Learn Together, Study Together, Nurture Eachother, Fill Eachother, and Work Together with Great Enthusiasm, Great Spirit. Om, Peace, Peace, Peace

“Mereka yang tidak memahami hal ini (tentang lima unsur penyebab karma); menganggap Jiwa sebagai pelaku. Pandangan mereka tidak tepat, karena pemahaman yang tidak tepat pula.” Bhagavad Gita 18:16

 

Nah, di sini Krsna jelas sekali. “Jiwa” bukanlah pelaku. Jiwa adalah “aku” yang sejati. Dan Aku adalah saksi bukan pelaku. Kendaraan badan, indra, gugusan pikiran serta perasaan — semuanya bukanlah diriku yang sejati. Diriku yang sejati adalah Jiwa. Aku tidak ikut rusak ketika kendaraan mengalami kerusakan.

 

BAYANGKAN PENDERITAAN SESEORANG yang “baru” jadi kaya. Ia baru membeli kendaraan, dan sepenuhnya mengidentifikasikan dirinya dengan kendaraan itu. Ia merawatnya dengan perhatian yang berlebihan. Kena lumpur sedikit saja, ia cepat-cepat membersihkannya. Dan jika melihat goresan — maka penderitaannya tak terbayangkan lagi.

Demikian pula dengan dunia benda ini, dengan badan, indra, gugusan pikiran serta perasaan, dan lain sebagainya. Jika kita mengidentifikasikan diri dengan salah satu saja di antaranya, maka penderitaan, kekhawatiran, kegelisahan — semuanya tak terhindarkan lagi.

 

GORESAN PADA KENDARAAN KITA adalah goresan, bukan sayatan pada diri kita. Lumpur yang mengotori kendaraan kita hanyalah mengotori kendaraan, dan dapat dibersihkan. Lumpur itu tidak bisa mengotori Jiwa!

Di sinilah letak perbedaan pemahaman antara mereka yang menganggap manusia adalah berdosa dan mereka yang menganggap manusia hanyalah pembuat kesalahan, dan setiap kesalahan bisa diperbaiki sendiri.

Anggapan manusia adalah berdosa, melahirkan sosok para penyelamat. Karena, dosa diartikan sebagai urusan Jiwa, dan manusia yang tak berdaya dianggap tidak mampu menghapuskan sendiri dosa-dosanya.

Sementara itu, bagi Krsna dosa hanyalah “dosa” atau kekhilafan, kesalahan dalam hal berpikir, berperasaan, berbuat, dan sebagainya. Semuanya bukanlah urusan Jiwa. Semuanya dapat diperbaiki sendiri. Dan memang mesti diperbaiki sendiri.

Dikutip dari buku: (Krishna, Anand. (2014). Bhagavad Gita. Jakarta: Pusat Studi Veda dan Dharma)

Om, Sarve bhavantu sukhinaḥ; Sarve santu nirāmayāḥ; Sarve bhadrāṇi paśyantu; Mā kashchit duḥkha bhāgbhavet; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

May all be prosperous and happy. May all be free from illness. May all see what is spiritually uplifting. May no one suffer. Om peace, peace, peace

 

Link: http://www.booksindonesia.com

Link: http://www.oneearthcollege.com/

 

Banner utk di web

oec3Elearning-Banner-2 (1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s