Renungan Diri: Nurani Nur Ilahi, Mendengarkan Berbagai Suara di Luar Membingungkan Diri

buku atmabodha

Cover Buku Atma Bodha

Oṁ Saha nāvavatu; saha nau bhunaktu: Saha vīryam karavāvahai;Tejasvi nāvadhītamastu; Mā vidviṣāvahai.Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

Let us Learn Together, Study Together, Nurture Eachother, Fill Eachother, and Work Together with Great Enthusiasm, Great Spirit.

Tanya: Bapak selalu mengatakan untuk tidak terlalu serius. Tapi, saya justru mengagumi “ketelatenan” Bapak untuk memberikan pemahaman menuju ketidakseriusan itu. Kita mulai dari tidak tahu apa-apa, lalu dituntun sedikit demi sedikit untuk  untuk mengetahui begitu banyak. Akhirnya, diingatkan lagi bahwa semua ini nothing… jangan terlalu serius!

 

Jawab: Upaya kita adalah untuk menghabiskan mind. Mind ibarat uang saku yang kita bawa untuk berjalan-jalan. Habiskan uang sakumu dan mari kita berpulang ke “rumah”!

Kita membawa mind ke satu ekstrem ke ektrem lain. Kemudian dibanting lagi, “Ngapain berpikir begitu banyak? Semua ini kan sekadar permainan.

Akhirnya, si mind menjadi bingung. Purwanti ini maunya apa sih? Dan dia mengalah, mundur secara teratur, “Ya sudah, maumu apa—mangga, be my guest.”

Mind you, kita tidak bermusuhan dengan mind. Anda masih membutuhkan mind. Shankara berharap mind seorang meditator sudah mencapai tingkat Viveka, sehingga kita tidak terlalu serius menghadapi segala macam persoalan. Namanya juga permainan, mari kita menikmati permainan hidup ini!

Saya ingin mengutip kisah dari Masnawi:

Ada yang kehilangan onta, maka, ia berteriak-teriak di perempatan jalan, “Ontaku hilang…. Ontaku hilang…. Akan kuberi hadiah kepada siapa pun yang dapat memberi petunjuk tentang onta kesayanganku……”

Orang sekampung mengerumuni dia. Ada yang berkata, “Ontamu ke arah barat.” Ada yang memberi petunjuk, “Tidak, ontamu ke arah timur.”

Teman kita begitu mudah ditipu. Setiap petunjuk diterima dan diikutinya. Dan setiap pemberi petunjuk pun memperoleh hadiah yang dijanjikannya, walau onta yang hilang tetap tidak diketemukan.

Demi hadiah, sesama manusia, sesama anak cucu Adam, tega mengibulinya, hingga pada suatu ketika dia bertemu dengan seorang bijak: “Kamu mondar-mandir ke barat dan ke timur, ke utara dan ke selatan….. apa yang sedang kau cari? Hadiah apa pula yang sedang kau bagikan?”

“Aku kehilangan onta, Sheikh Sahib. Mereka ini adalah pemberi petunjuk, maka kuberi hadiah.”

“Dan mengikuti petunjuk mereka, kamu pun mondar-mandir mencarinya di barat dan di timur, di utara dan di selatan?”

“Ya, ya…. aku sudah mencarinya di mana-mana.”

“Kamu sungguh bewaqoof, sungguh tolol. Sebelum memberi hadiah, bertanyalah terlebih dahulu, apakah ciri-ciri onta yang mereka berikan cocok dengan ciri-ciri ontamu yang hilang. Siapa tahu mereka hanya membohongi kamu. Atau yang mereka lihat bukan onta milikmu.”

Lewat Atma-Bodha ini, Shankara sedang memberikan ciri-ciri onta. Di dalam diri setiap orang, ada “nurani”, sesuatu yang berasal dari “Nur Awal”, dari Cahaya Ilahi. Nurani di dalam diri manusia sama kualitasnya dengan Nur Ilahi. Beda kuantitas saja. Itu pun disebabkan oleh “cawan badan” ini.

Bila ada Tuhan di luar sana, Ia harus berkualitas sama dengan “nurani” di dalam diri kita. Sebab itu,

Know Thyself—kenalilah dirimu! Demikian kata para bijak dari setiap tradisi, termasuk para pujangga Yunani dari zaman Socrates dan Plato—sebuah tradisi yang telah mempengaruhi pemikiran dan falsafah para bijak dari Timur Tengah dan belahan barat dunia kita.

Dikutip dari buku (Krishna, Anand. (2001). Atma Bodha Menggapai Kebenaran Sejati Kesadaran Murni dan Kebahagiaan Kekal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

 

Om, Sarve bhavantu sukhinaḥ; Sarve santu nirāmayāḥ; Sarve bhadrāṇi paśyantu; Mā kashchit duḥkha bhāgbhavet; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

May all be prosperous and happy. May all be free from illness. May all see what is spiritually uplifting. May no one suffer. Om peace, peace, peace

Link: http://www.booksindonesia.com

Link: http://www.oneearthcollege.com/

 

Banner utk di web

oec2elearning-banner

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s