Renungan Diri: Aroma Therapy Menenangkan dan Membantu Evolusi Batin Manusia?

buku atmabodha

Cover Buku Atma Bodha

Tanya: Dalam penjelasan tentang lima macam energi (sutra ketiga belas), Bapak pernah mengulas fungsi masing-masing energi. Apa yang terjadi ketika mind atau soul sudah keluar dari badan. Bagaimana dia memperoleh energi dari luar badan?

 

Jawab: Apa yang disebut soul atau etheric body ( baca juga Reinkarnasi: Hidup Tak Pernah Berakhir dan Kematian: Panduan untuk Menghadapinya dengan Senyuman oleh penulis yang sama—Ed.) sesungguhnya masih berbadan, masih memiliki “wujud”, “bentuk”, walau berbahan baku “halus” sehingga bisa melampaui jarak dan waktu sebagaimana kita mengenalinya dalam alam fisik yang lebih “kasar”.

Berbadan “kasar” seperti sekarang ini, kita tergantung pada second hand energy. Kita memperoleh energi “lewat” makanan, minuman, dan pernapasan.

Sementara itu, mereka yang berbadan “halus” memperoleh energi langsung dari alam. Masih first hand, tidak harus lewat makanan dan minuman, bisa langsung dari atmosfir.

Wewangian merupakan salah satu sumber energi bagi etheric body. Itu sebabnya dalam tradisi Cina, India, dan Mesir Kuno ada tradisi membakar kemenyan, menyalakan dupa, dan sebagainya.

Para ilmuwan modern pun sudah bisa menerima hal itu. Sebutannya diubah, sehingga lebih keren, lebih trendy—Aromatherapy. Aroma-aroma tertentu memang mempengaruhi jiwa manusia, tetapi untuk itu anda juga tidak perlu mcmbuang uang ratusan ribu bahkan jutaan di kios-kios mewah di mal. Lebih baik menanam bunga-bungaan di rumah, membakar dupa lokal yang relatif lebih murah.

Aroma Jasmine, Lavender, Rose, dan Sandal-Wood menenangkan dan membantu evolusi batin manusia. Aroma dari rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, kayu putih, biji-bijian tertentu dan kemenyan memiliki healing qualities, bisa mengobati luka jiwa.

 

Tanya: Selama ini kita mengikuti teori evolusi, bahwa kita adalah perkembangan dari bentuk-bentuk sebelumnya. Kalau badan ini adalah hasil evolusi, bukankah demikian juga dengan jiwa? Soalnya meskipun saya tidak bisa membuktikan kalau dituntut pembuktian, saya pernah berjumpa dengan seseorang yang merasa bahwa bumi ini bukanlah home planet-nya. Saya bertanya, apa yang kamu lakukan di sini? Cuma main-main atau apa? Nah, pertanyaan saya, apakah mungkin ada jiwa dari planet lain yang main-main ke bumi?

 

Jawab: Bisa saja terjadi. Berarti dia masih berurusan dengan planet bumi. Ada keinginan, ada obsesi yang menyeret dia ke planet kita. Ya para dewa atau dalam tradisi lain disebut ….. .. bisa saja menjelma dan lahir di dunia. Tapi untuk apa?

Mereka hldup dalam suatu dimensi, di mana waktu berjalan jauh lebih cepat daripada di bumi. Bila mereka ingin berkomumkasl dengan penghuni bumi itu bisa dilakukan lewat pikiran, lewat mind. Untuk itu mereka tidak perlu menjelma.

Evolusi kita berjalan sesuai dengan “hukum-hukum” yang sudah ditentukan. Ya, “hukum-hukum”, karena memang demikian adanya. Ada hukum yang berlaku hanya untuk dunia ini. Ada hukum yang berlaku untuk galaksi kita. Dan, hukum yang berlaku bagi “kita” belum tentu berlaku bagi “penghuni” dunia lain, ataupun galaksi lain.

Secara umum, penduduk dunia membentuk satu “massa kehidupan”. Dan, “massa kehidupan” ini tengah bergerak maju, tengah berevolusi. Bila satu pun orang di antara kita bcrgerak lebih cepat, seluruh “masa” akan merasakannya, akan terpengaruhi oleh kecepatan itu. Dan proses evolusi pun akan bergulir lebih cepat, sehingga sebenarnya intervensi dari planet lain tidak dibutuhkan. Manusia sudah cukup dewasa. Dia bisa membantu diri sendiri.

Dikutip dari buku (Krishna, Anand. (2001). Atma Bodha Menggapai Kebenaran Sejati Kesadaran Murni dan Kebahagiaan Kekal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

Link: http://www.booksindonesia.com

Link: http://www.oneearthcollege.com/

 

Banner utk di web

oec3Elearning-Banner-2 (1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s