Renungan Diri: Jika Semua terjadi karena Hukum Sebab Akibat? Apa Peran Tuhan dalam Sandiwara Kehidupan?

buku Sai Baba bahasa Indonesia

Cover Buku Swami Sri Sathya Sai Baba

Hukum Sebab Akibat dan Reinkarnasi menjelaskan: “Setiap orang yang menderita adalah karena ulahnya sendiri; karena perbuatannya sendiri. Jika tidak dalam hidup ini, seperti seorang bayi yang lahir cacat, maka dalam kehidupan sebelumnya.”

Jadi hidup ini, masa kehidupan yang sedang kita jalani saat ini, tidak berdiri sendiri. Masa hidup kini hanyalah salah satu episode dari serial panjang kehidupan. Jika kita melihat satu episode saja, maka tidak dapat memahami jalur ceritanya. Mesti melihat kehidupan secara utuh.

Berdasarkan perbuatan, kebutuhan untuk berkembang, dam masih sederet urusan-urusan lain, setiap jiwa menentukan sendiri kelahirannya kembali. Seorang bayi yang lahir cacat sudah pasti karena ada pelajaran yang mesti diperolehnya lewat tubuh yang cacat itu.

Nah, jika memang demikian, maka kita kembali pada pertanyaan awal kita: Kenapa mesti berdoa? Kenapa mesti memohon pengampunan-Nya? Jika segala sesuatu terjadi karena Hukum Sebab Akibat, maka apakah Tuhan masih berperan dalam sandiwara kehidupan ini?

 

PERAN TUHAN – MANFAAT DOA

Apa yang terjadi ketika seorang berbuat salah, dan kemudian dihukum — katakan sekian tahun ia mesti mendekam dalam penjara… Hukuman sudah dijatuhkan, tetapi jika selama dalam tahanan, perilakunya baik — maka bisa saja ia memperoleh potongan masa tahanan. Berbagai keringanan yang dapat diperolehnya jika ia juga melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi sesama tahanan.

Contoh lain…

Kita. dihukum untuk berjalan kaki di padang pasir dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Tidak diperbolehkan berhenti. Kita harus jalan tanpa henti. Tidak ada keringanan. Tapi, kemudian, seorang datang untuk membantu kita. Ia memberikan payung, sehingga kita sedikit terlindungi dari terik matahari. Perjalanan sepanjang hari pun menjadi ringan sedikit.

Orang yang menawarkan payung adalah Sadguru, dan payung yang ditawarkannya itu adalah Payung Doa… Kemudian, jika kita yakin pada Kasih-Nya, pada Pengampunan-Nya, maka bisa saja awan tebal nan gelap menutupi matahari, dan perjalanan “keras” di padang pasir pun berubah menjadi piknik yang menyenangkan. Demikian peran Tuhan, demikian manfaat doa…

 

MASIH ADA KEMUNGKINAN LAIN…

Sebagaimana seorang presiden, seorang kepala negara, seorang raja memiliki hak prerogatif untuk memberi pengampunan total — demikian pula Tuhan. Ia memiliki hak prerogatif untuk menghapus segala macam dosa-dosa kita. Asal — lagi-lagi ini menurut pendapat saya, dan berdasarkan pengalaman saya pribadi – kita insaf, kita bertobat. Dan, tidak lagi mengulangi kesalaha-kesalahan yang sama.

Bukan hanya keringanan, walaupun tidak sering terjadi – tetapi Tuhan bisa mengampuni kita secara total. Dalam hal ini, peranan Tuhan bisa dibandingkan dengan peranan Presiden suaru negara. Presiden mempunyai wewenang penuh untuk mengampuni seseorang, walau ia telah mengalami kekalahan dalam sidang-sidang pengadilan sebelumnya. Namun, harus ingat, Presiden hanya mengambil keputusan jika ia yakin orang yang bersalah itu benar-benar insaf, telah menyadari akan kesalahannya, tidak akan berbuat lagi. Sebelum mengambil keputusan, Bapak Presiden memperhatikan pula latar belakang dan hal lain-lain yang bersangkutan dengan orang itu. Kita bisa tersesat, begitu sadar akan kesalahan kita dan kita mohon kepada-Nya agar diampuni, Ia pasti mengarahkan kita kembali ke jalan yang benar.

Dikutip dari buku (Das, Sai. (2012). Swami Sri Sathya Sai Baba Sebuah Tafsir. Koperasi Global Anand Krishna)

Link: http://www.booksindonesia.com

Link: http://www.oneearthcollege.com/

 

Banner utk di web

oec2Elearning-Banner-2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s