Renungan Diri: Kaitan #Yoga dengan Menghormati Orangtua dan Tetangga

buku hypnotherapy

Cover Buku Neo Spiritual Hypnoteraphy

Yoga adalah “ilmu untuk menyelaraskan diri dengan Keberadaan, dengan semesta, dengan Hyang Tunggal, dan Kehendak-Nya, dengan lingkungan dan sesama makhluk.” Yoga adalah Persatuan Agung. Seseorang yang telah mencapai keadaan ini baru bisa menyadari alasan mengapa ia mesti mencintai sesama manusia sebagaimana kita mencintai diri, sebagaimana dikatakan oleh Yesus, Sang Masiha:

“hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. ” Perjanjian Baru, Matius: 19:19

Bukan saja orangtua, tetapi juga tetangga, karena mereka semua adalah “sesama” manusia. Bahkan, langkah berikutnya adalah melihat semua makhluk sebagai ”sesama” makhluk. Energi kehidupan yang mengalir di dalam diriku, mengalir pula di dalam dirimu, di dalam diri hewan-hewan yang  berkeliaran, dan di dalam pepohonan, bebatuan. Kita satu, kita sama.

Ekaagrata, Monoideism, Yoga Mempersatukan Kita!

Krishna mengajak kita untuk hidup dengan semangat kesatuan dan persatuan. Tidak sekadar kesatuan dan tidak pula persatuan saja. Badan kita berbeda, jadi kita tidak bisa menyatu satu sama lain selama masih berbadan. Karena itu, pada tahap fisik kita mesti bersatu, gotong-royong bekerja sama. Perbedaan di antara kita eksis, tapi hendaknya perbedaan itu tidak menimbulkan permusuhan di antara kita. Karena dalam jiwa, dalam roh, dalam energi, sesungguhnya kita satu. Zat kita sama, satu, ilahi, suci, mulia.

Dalam kumpulan hadis Baginda Rasul Muhammad:

 

Riyad-us-Saliheen (Bab 39)

Kita menemukan beberapa mutiara yang sungguh sangat berharga:

Ringkasannya dalam terjemahan bebas saya: “Ketika kau sedang memasak bubur, masukkanlah lebih banyak air dan berilah sebagian kepada tetanggamu.”

Berarti apa? Tidak perlu menunggu menjadi kaya raya untuk beramal saleh. Jika kemampuan kita sebatas memasak bubur, maka kita berbagi bubur dengan tetangga. Bahkan, “Demi Allah, ia bukanlah seorang beriman, jika tetangganya merasa aman dari kejahatan (hatinya).” Rasa iri, cemburu, dan sebagainya terhadap tetangga menjadi tolok ukur iman kita terhadap Allah.

Dan, “Sahabat Allah yang terbaik adalah mereka yang terbaik dengan sahabat dan tetangga mereka.”

 

Bersikap Baik Terhadap Tetangga Berarti….

Menjadi Baik. Adalah mudah bersikap baik terhadap mereka yang tinggal jauh dari kita. Kita tidak berhadapan muka setiap hari dengan mereka. Kita tidak mengetahui borok mereka. Dan, mereka pun tidak mengetahui kelemahan dan kekurangan diri kita.

Bersikap baik dengan keluarga jauh pun relatif mudah. Tetapi, bersikap baik terhadap keluarga dekat  menjadi latihan batin. Karena kita mengenal mereka dari dekat. Setiap noda di wajah kita masing-masing terlihat jelas.

Bersikap baik terhadap tetangga adalah anjuran untuk bersikap baik setiap saat, terhadap siapa saja, di mana saja, dan dalam keadaan apa saja. Inilah inti Yoga. Dan jelas ini bukan keadaan hypnos atau tidur. Ini bukan keadaan “antara sadar dan tidak sadar”, antara beta dan alpha. Ini adalah keadaan sadar sepenuhnya, keadaan superjaga, bukan sekadar jaga melek mata. Ini adalah kesadaran penuh dan pumawaktu. Untuk mencapai kesadaran ini kita tidak perlu diinduksi untuk memasuki keadaan alpha, kita perlu disadarkan lewat terapi yang dapat membebaskan kita dari keadaan beta dan alpha dan memasuki  dimensi lain, di mana terjadi meditasi!

Dikutip dari buku (Krishna, Anand. (2012). Neo Spiritual HYPNOTHERAPY, Seni Pemusatan Diri Untuk Bebas Dari Pengaruh Hipnosis Massal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

Link: http://www.booksindonesia.com

Link: http://www.oneearthcollege.com/

 

Banner utk di web

oec3elearning-banner

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s