Renungan #Gita: Keterikatan pada Pohon Dunia Sumber Derita, Tebang pakai Kapak Ketakterikatan!

buku bhagavad pohon asvattha

Ilustrasi Pohon Dunia Kebendaan

Bhagavad Gita 15:3

“Dari sudut pandang dunia-benda, sungguh sulit melihat pohon ini secara utuh; sulit pula menemukan awal maupun akhirnya. Namun, pohon ini dapat ditebang dengan menggunakan Kapak Ketakterikatan.” Bhagavad Gita 15:3

 

Pohon Keberadaan “tampak” langgeng, abadi. Memang awal dan akhirnya adalah di luar jangkauan pandangan manusia. Jika kita ingin memahami pohon ini, maka kita akan kecewa sendiri. Pohon Keberadaan tidak dapat dipahami, karena jauh lebih besar, tinggi dan dalam daripada pemahaman kita. Ba gaimana pula sehelai daun dapat memahami sifat pohon yang menjadi sumber kehidupannya?

NAMUN, POHON INI BISA DITEBANG – Tak ada gunanya mempelajari sifat, jenis, dan asal-usul pohon ini. Membuang Waktu saja. Pengalaman-pengalaman yang kita peroleh dari pohon ini bukanlah pengalaman yang dapat mengantar kita pada Kebahagiaan Sejati.

Oleh karenanya, Krsna mengajak Arjuna untuk menebang Pohon Keberadaan ini. Berarti, melampaui paham, konsep, dan pandangan-pandangan kebendaan dengan menggunakan kapak “tanpa keterikatan”.

Keterikatan dengan Pohon Keberadaan ini, dengan dunia-benda ini, adalah sumber kekecewaan, ketidakpuasan, kesengsaraan, dan sebagainya.

ALASANNYA: JIWA ABADI ADANYA, Jiwa merdeka dan bebas adanya. Sementara itu Pohon Keberadaan “ada” karena keterikatan. Keterikatan membatasi gerak-gerik, kebebasan, dan menjadi penghalang bagi Jiwa untuk mengungkapkan keabadiannya. Tentunya, menjadi penghalang bagi Jiwa yang ingin bebas darinya.

Serukun apa pun rumah tangga kita, semewah apa pun rumah kita, sebaik apa pun pekerjaan kita, hanya dapat menyenangkan untuk beberapa saat saja. Dedaunan Pohon Keberadaan ini bukanlah untuk selamanya. Pohon ini pun rentan terhadap pergantian musim, cuaca, dan sebagainya. Ada musim semi, ada musim gugur.

Jiwa Abadi yang mengikat dirinya dengan pohon ini seolah kehilangan sayapnya untuk terbang. Padahal sifatnya adalah bebas, merdeka. Sebab itu, tebanglah pohon ini!

buku bhagavad gita

Cover Buku Bhagavad Gita

MENEBANG POHON KEBERADAAN tidak berarti kita menjadi Hitler dan menghabisi orang Yahudi, atau menjadi teroris, dan membom pusat-pusat keramaian. Menebang Pohon Keberadaan juga tidak berarti kita membunuh atau melakukan aksi bunuh diri atas nama kepercayaan dan pembelaan kepercayaan.

Menebang Pohon Keberadaaan tidak berarti mengakhiri kehidupan. Tidak bisa. Bersama  atau tanpa kita, roda kehidupan tetaplah berputar terus. Ia tidak pernah berhenti. Kelahiran, kematian, bahkan kiamat – semuanya adalah bagian dari Kehidupan Agung yang tak berujung dan tak berpangkal. Setidaknya demikian — tak berujung dan tak berpangkal— “bagi kita” dengan segala keterbatasan pemahaman kita.

Menebang Pohon Keberadaan dengan kapak ketidakterikatan adalah proses menjalani hidup dengan penuh kesadaran, kepedulian terhadap setiap wujud kehidupan, rasa empati yang tinggi. Ya, menjalani hidup. Tidak berhenti. Keterikatan menghentikan perjalanan kita. Bolak-balik, lahir-mati — lahir dan mati lagi untuk mengurusi hal-hal yang sama. Bahkan, seringkali kita mengalami kelahiran dalam keluarga yang sama. Kita berjalan di tempat, tidak menjalani hidup.

Dan berjalan di tempat itulah samsara, pengulangan yang menyengsarakan, membosankan, menjenuhkan!

Dikutip dari buku: (Krishna, Anand. (2014). Bhagavad Gita. Jakarta: Pusat Studi Veda dan Dharma)

Link: http://www.booksindonesia.com

Link: http://www.oneearthcollege.com/

Tautan terkait:

https://gitakehidupansepasangpejalan.wordpress.com/2015/10/20/renungan-gita-pohon-asvattha-pagelaran-dahan-dan-ranting-menjulur-di-panggung-dunia-akar-di-atas-tak-nampak/

https://gitakehidupansepasangpejalan.wordpress.com/2015/10/24/renungan-gita-panggung-kolosal-dunia-tak-pernah-usai-silakan-menyingkir-sendiri/

 

oec3elearning-banner

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s