Renungan #Gita: Kebenaran Relatif Sudut Pandang Materi dan Kebenaran Mutlak Sudut Pandang Jiwa

buku bhagavad gita

Cover Buku Bhagavad Gita

Bhagavad Gita 11:2

“Telah kudengarkan secara rinci dari-Mu, wahai Kamalapattraksa (Krsna; ia yang Bermata Indah bak bunga teratai, ikhwal ciptaan, evolusi, dan peleburan makhluk-makhluk seantero alam; pun tentang kemuliaan-Mu.” Bhagavad Gita 11:2

“Salah satu aspek kebenaran hakiki adalah bila ada kelahiran, maka niscaya ada kematian. Ada evolusi, ada disolusi…

“TIADA SESUATU YANG BERTAHAN – Segala sesuatu sedang berubah. terus. Tidak ada sesuatu yang permanen.

“Ini adalah salah satu aspek Kebenaran. Aspek Kebenaran dari sudut pandang materi atau kebendaan.

“Aspek ini, bisa juga dipahami oleh para ilmuwan yang membanggakan diri sebagai ateis. Aspek ini relatif mudah untuk dipahami.

“Namun, ada juga aspek lain dari Kebenaran Tunggal yang satu dan sama ada-Nya. Aspek ini tidak mudah dipahami, karena untuk memahaminya kita mesti menembus dimensi ‘nyata’ dan memasuki dimensi ‘gaib’ atau ‘tidak nyata’.

“ASPEK INI ADALAH Keabadian Jiwa dan Relasi Jiwa dengan Jiwa Agung. Aspek ini tidak nyata, setidaknya belum terungkap sepenuhnya bagi kita yang masih hidup dalam keraguan.

“Aspek ini bersifat spiritual, rohani. Aspek ini mempertemukan materi dan Spirit atau Jiwa, di mana materi terlihat jelas tidak bisa berbuat apa-apa tanpa landasan Spirit, tanpa Jiwa.

“Segala perubahan yang terjadi di alam benda ‘bisa teljadi’ karena adanya interaksi dengan Jiwa, dengan Spirit. Tanpa adanya interaksi dengan Spirit, tidak ada pemain sandiwara, tidak ada permainan. Tidak ada sandiwara.

“Jiwa atau Spirit bersifat kekal abadi. Sementara itu, alam benda berubah terus. Para pemain pun berganti peran terus. Setting sandiwara juga tidak statis, ada saja perubahan.” (Krishna, Anand. (2014). Bhagavad Gita. Jakarta: Pusat Studi Veda dan Dharma)

 

“Arjuna berterima kasih kepada Krsna, sebab, berkat kasih-Nya, berkat wejangan-Nya, ia bisa memahami tentang kedua hal ini, bahwasanya ada. .. ..

“KEBENARAN RELATIF DAN ADA KEBENARAN MUTLAK – Kebenaran relatif adalah kebenaran alam  benda, kebendaan, materi. Segalanya berubah, relatif. Kejadian-kejadian di alam ini kita pahami berdasarkan persepsi kita.

“Huru-hara yang terjadi di suatu negara bisa dipahami sebagai urusan dalam negeri mereka; atau, sebagai suatu kejadian yang dapat mengganggu stabilitas seluruh Wilayah di sekitarnya. Ada yang memahami huru-hara itu sebagai upaya untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah. Ada yang melihatnya sebagai konspirasi pihak-pihak yang memang tidak menginginkan stabilitas di wilayah tersebut.

“Jadi, persepsi kita tentang satu kejadian yang sama bisa beda, bahkan bertolak-belakang, karena kebenaran alam-benda memang bersifat relatif.

“Namun, di balik kebenaran relatif, adalah Kebenaran Mutlak — Kebenaran Jiwa — yang mana, tidak selalu dipahami. Di balik segala kejadian, ada ‘sebab utama’. Untuk mengetahuinya, mesti menggali diri.

“Di balik pengalaman suka dan duka, adalah keinginan  Jiwa sendiri untuk mengalami semua itu. Dan, Jiwa yang sedang mengalami pun sesungguhnya adalah percikan dari Jiwa Agung, Hyang adalah Kebenaran Mutlak. Keraguan kita, sebagaimana juga keraguan Arjuna, bisa sirna karena kesadaran tentang Jiwa dan tentang hubungannya dengan Jiwa Agung.” (Krishna, Anand. (2014). Bhagavad Gita. Jakarta: Pusat Studi Veda dan Dharma)

Catatan Terkait: https://gitakehidupansepasangpejalan.wordpress.com/2015/07/15/renungan-gita-latihan-setiap-jam-setiap-detik-intensif-dan-repetitif-untuk-mengubah-kebiasaan-mind/

Advertisements

One thought on “Renungan #Gita: Kebenaran Relatif Sudut Pandang Materi dan Kebenaran Mutlak Sudut Pandang Jiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s