Renungan #Gita: Latihan Setiap Jam, Setiap Detik, Intensif Dan Repetitif untuk Mengubah Kebiasaan Mind

buku bhagavad gita

Cover Buku Bhagavad Gita

Bhagavad Gita 6:35

“Wahai Mahabaho (Arjuna Berlengan Perkasa), niscaya pikiran memang liar – pun sulit ditaklukkan. Namun ia dapat dikendalikan dengan upaya tanpa henti, dan dengan mengembangkan ketidakterikatan (pada segala pemicu di luar yang menambah keliarannya), demikian adanya, wahai Kaunteya (Arjuna, Putra Kunti).” Bhagavad Gita 6:35

 

Dalam ayat ini, Krsna memberikan tips jitu untuk mengendalikan pikiran, pertama adalah:

Abhyasa – membiasakan diri, berlatih secara terus-menerus. Seorang sahabat, saintis tulen, ahli bedah otak, almarhum dr. Setiawan selalu menggunakan istilah ‘intensif dan repetitif’. Latihan untuk mengendalikan gugusan pikiran dan perasaan membutuhkan kegigihan, kebulatan tekad, keteguhan hati, dan kekuatan kehendak. Tidak bisa secara instan, seperti sering diiklankan oleh orang-orang yang sedang mencari keuntungan, dan tidak tahu-menahu tentang seluk-beluk mind.

Dr. Setiawan betul. Ia memahami kinerja brain, otak, sebagai alat yang digunakan oleh mind. Untuk itu butuh latihan secara intensif, tidak bisa sambilan. Hari ini berlatih, besok tidak – mustahil mind terkendali.

Berlatih secara intensif dan repetitif setiap hari saja tidak cukup. Dibutuhkan latihan setiap jam, setiap detik. Setiap kali mind baru mau kembali pada sifat keliarannya, segera kita menarik dia. Secara intensif dan repetitif – berulang-ulang. Inilah abhyasa – inilah cara untuk mengubah kebiasaan mind.

Namun, cara ini pun adalah semacam first-aid – pertolongan pertama. Untuk selanjutnya, supaya mind tidak liar terus, lagi-lagi secara intensif dan repetitif, kita mesti belajar untuk melepaskan keterikatan dari benda-benda dan keadaan-keadaan yang dapat memicu keliarannya. Ini disebut:

Vairagya – melepaskan diri dari keterikatan: membebaskan diri dari keterikatan pada hal-hal yang dapat memicu dan/atau menambah keliaran mind.

Abhyasa dan Vairagya – inilah cara untuk mengendalikan  mind. Pekerjaan ini adalah purnawaktu. Tidak bisa hanya sesekali saja. Mind tidak pernah mati. Setelah terkendali pun masih tetap diawasi, tidak bisa dilepas begitu saja. (Krishna, Anand. (2014). Bhagavad Gita. Jakarta: Pusat Studi Veda dan Dharma)

 

 

Bhagavad Gita 6:36

“Yoga (dalam pengertian kesadaran yang menyatukan Jiwa dengan Sang Jiwa Agung) memang sukar dicapai mereka yang tidak bisa mengendalikan dirinya. Namun, mudah bagi mereka yang dirinya terkendali. Demikian keyakinan-Ku.” Bhagavad Gita 6:36

 

Persis seperti seorang saksi, atau saksi ahli di pengadilan, di dalam ruang sidang – bahasa Krsna persis sama, ‘Demikian Keyakinan-Ku’. Titik. Ia tidak bimbang, tidak ragu. Dengan keyakinan demikian, seorang saksi ahli dapat membantu seorang hakim melihat suatu perkara secara jernih dan mengambil keputusan yang tepat.

Keyakinan Krsna adalah penting bagi seorang Arjuna yang bimbang dan ragu. Tanpa keyakinan Krsna, hanya dengan retorika atau wacana saja, tidak mungkin seorang Arjuna terbantu.

Diri yang terkendali dalam ayat ini adalah ego yang telah tertaklukkan; identitas palsu sebagai badan, pancaindra, gugusan pikiran serta perasaan, intelek, status sosial, persepsi, gelar akademis, garis keturunan, ketenaran, dan lain sebagainya, yang telah terlampaui.

Setelah ego tertaklukkan dan identitas palsu terlampaui, barulah seseorang melihat dirinya sebagai Jiwa. Atau sebaliknya, setelah menyadari hakikat dirinya sebagai Jiwa, identitas-identitas palsu tersebut rontok dengan sendirinya. (Krishna, Anand. (2014). Bhagavad Gita. Jakarta: Pusat Studi Veda dan Dharma)

Advertisements

One thought on “Renungan #Gita: Latihan Setiap Jam, Setiap Detik, Intensif Dan Repetitif untuk Mengubah Kebiasaan Mind

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s